Kamis, 27 September 2012


Tugas 2
Tugas kedua ini adalah kembali melakukan observasi kesebuah Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan tentang media pembelajaran yang tersedia disekolah tersebut ada beberapa media pembelajaran, diantaranya buku, papantulis, peta, komputer, laptop, LCD, jaringan internet, alat peraga IPA IPS dan alat peraga Matematika.
Tidak semua alat peraga dimanfaatkan secara maksimal, karena keterbatasan jumlah fasilitas, fasilitas yang tersedia tidak mencukupi kebutuhan semua kelas. Contohnya LCD hanya tersedia satu buah.
Dan tidak semua guru dapat mengoprasikan media tersebut secara maksimal. Sehingga hanya menggunakan beberapa media alternatif. Contohnya penyampaian materi secara verbal dan visual (digambar).
Dari berbagai media yang tersedia, yang paling berpengaruh dalam siswa mencerna pelajaran adalah media LCD, selain mempermudah siswa dalam mencerna pelajaran juga membantu guru dalam menyampaikan materi sehingga siswa menjadi tertarik karena pembelajaran visual dan verbal dapat membantu siswa memahami pelajaran.
Ciri-ciri media pembelajarannya adalah dapat menampilkan apa yang ingin kita sampaikan kepada pesertadidik baik melalui visual maupun verbal yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan oleh guru.
Fungsi dan manfaat media pembelajaran, Sebagaimana yang telah diketahui bersama bahwa media ini sendiri merupakan media komunikasi yang digunakan dalam proses belajar & mengajar yang mempunyai tujuan penggunaan sebagai sarana untuk menyampaikan suatu materi yang memang membutuhkan suatu contoh atau objek untuk menjelaskan dan merangsang pemahaman peserta didik. Yang dimana panca indra lebih berpengaruh dalam proses pembelajaran.

Salah satu alat peraga IPA
 

Rabu, 26 September 2012


Refleksi
v  Pada pertemuan kedua membahas tugas yang diberikan pada pertemuan pertama, yang dimana setiap kelompok membuat laporan keaktifan dan bagi yang belum mengerjakan akan diberi pengarahan dari ketua kelompok.
Pembahasan yang diliakukankemarin adalah tentang pemanfaat media pembelajaran yang ada di sekolah secara maksimal.sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menerima materi pelajaran.
Dan selanjutnya adalah pembahasan tentang,
·         Kedudukan media sebagai alat komunikasi
Berdasarkan hasil diskusi minggu lalu, kedudukan media sebagai alat komunikasi dalam pembelajaran sangat membantu untuk berinteraksi antara siswa dengan guru.yang menjebadani ilmu yang ingin disampaikan guru kepada siswanya(mentransfer). Contoh media pembelajarannya adalah LCD, OHP, alat peraga, permainan, dll.
Dengan memanfaatkan media yang ada tersebut akan lebih efisien dan efektif ketika proses belajar mengajat itu berlangsung.
·         Penggunaan media dalam pembelajaran
Penggunaan media alam pembelajarab disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, apakah tepat menggunakan media tersebut atau tidak.

v  Harapan
Dengan melakukan obserfasi di sekolah saya dapat mengidentifikasi media pembelajaran yang sesuai dan yang dapat meningkatkan minat belajar pesertadidik. Sehingga pada ahkirnya saya dapat menciptakan suasana belajar yang menyenagkan.
v  Kekhawatiran
Adanya media pembelajara yang berfariasi dan begitu juga daya tangkap pesertadidik juga berfrariasi.Dengan kata lain media yang sesuai dengan siswa A belum tentu sesuai dengan siswa B.

Jumat, 21 September 2012


Refleksi pertemuan pertama
v  Pada pertemuan pertama dosen meberikan perkenalan sebelum perkulian dimulai.Kemudian dosen meberikan gambaran dan pengarahan seputar media pembelajaran berbasis ICT. Untuk mempererat komunikasi ,interaksi dan kerjasama mahasiswa,dosen meminta mahasiswa untuk membuat kelompok diskusi kemudian diberikan tugas untuk melakukan observasi di sekolah mengenai media pembelajaran yang ada di sekolah. Pada pelatihan mikro media fles,mahasiswa diberi pelatihan bagaimana menggunakan amplikasi mkro media fles.Dengan menggunakan amplikasi tersebut mahasiswa dapat membuat animasi  dalam menyajikan materi pembelajaran ,sehingga materi yang akan disampaikan pada pesrtadidik akan menjdi lebih menarik.
Kekhawatian
v  Dengan adanya media pembelajaran berbasis ICT dikhawatirkan nantinya siswa akan menjadi lebih bergantung dengan teknologi,mereka akan mengalami kesulitan dalam belajar dengan mandiri dengan memanfaatkan sumber belajar yang lain seperti buku-buku pengetahuan dari perpustakaan.
Harapkan
v  Pada era perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju peat dan global ini diharapkan dengan adanya media pembelajaran berbasis ICT dapat mendorong siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif .Dengan mencari informasi secara mandiri  dari semua sumber pembelajaran  baik internet maupun perpustakan