Kamis, 27 September 2012


Tugas 2
Tugas kedua ini adalah kembali melakukan observasi kesebuah Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan tentang media pembelajaran yang tersedia disekolah tersebut ada beberapa media pembelajaran, diantaranya buku, papantulis, peta, komputer, laptop, LCD, jaringan internet, alat peraga IPA IPS dan alat peraga Matematika.
Tidak semua alat peraga dimanfaatkan secara maksimal, karena keterbatasan jumlah fasilitas, fasilitas yang tersedia tidak mencukupi kebutuhan semua kelas. Contohnya LCD hanya tersedia satu buah.
Dan tidak semua guru dapat mengoprasikan media tersebut secara maksimal. Sehingga hanya menggunakan beberapa media alternatif. Contohnya penyampaian materi secara verbal dan visual (digambar).
Dari berbagai media yang tersedia, yang paling berpengaruh dalam siswa mencerna pelajaran adalah media LCD, selain mempermudah siswa dalam mencerna pelajaran juga membantu guru dalam menyampaikan materi sehingga siswa menjadi tertarik karena pembelajaran visual dan verbal dapat membantu siswa memahami pelajaran.
Ciri-ciri media pembelajarannya adalah dapat menampilkan apa yang ingin kita sampaikan kepada pesertadidik baik melalui visual maupun verbal yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan oleh guru.
Fungsi dan manfaat media pembelajaran, Sebagaimana yang telah diketahui bersama bahwa media ini sendiri merupakan media komunikasi yang digunakan dalam proses belajar & mengajar yang mempunyai tujuan penggunaan sebagai sarana untuk menyampaikan suatu materi yang memang membutuhkan suatu contoh atau objek untuk menjelaskan dan merangsang pemahaman peserta didik. Yang dimana panca indra lebih berpengaruh dalam proses pembelajaran.

Salah satu alat peraga IPA
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar